
PAMERAN & BAZAR TEMU INKLUSI 2016
PENDAHULUAN.
Temu Inklusi 2016 merupakan kegiatan dua tahunan yang diinisiasi oleh Sasana Integrasi
dan Advokasi Difabel (SIGAB) sebagai wadah terbuka yang mempertemukan berbagai pihak
pegiat inklusi Difabel. Kegiatan temu inklusi 2016 rangkaian kolaborasi dan live-in dalam
setting, proses dan prinsip inklusi baik oleh organisasi atau individu Difabel, maupun organisasi
masyarakat sipil, pemerintah, media, akademisi, praktisi, serta aktifis desa, dan pihak-pihak lain
dari berbagai wilayah di Indonesia yang mempunyai perhatian dan kerja nyata untuk
mewujudkan inklusi Difabel
Temu inklusi 2016 didesain sebagai ajang inklusi dimana Difabel dan non-difabel diberikan
ruang dan dikondisikan untuk berinklusi, berkolaborasi dan menjadi jaringan untuk saling
mengenal dan berjejaring untuk kemudian membangun gerakan social inklusif. Dengan tema
“Dari Desa; Berbagi Gagasan dan Praktik Terbaik Menuju Indonesia Inklusi”
harapannya praktik baik mengenai inklusi Difabel di Desa akan menjadi sumber pengalaman
belajar dan berbagi. Disinilah ruang dimana Desa diharapkan akan menjadi basis perubahan
inklusi Difabel.
Melalui Temu Inklusi 2016 diharapkan adanya konsolidasi jaringan bagi para organisasi atau
lembaga atau perusahaan yang bekerja untuk isu difabel, serta gerakan sosial yangl lebih
massif. Agenda Temu Inklusi 2016 meliputi : Seminar Nasional, Workshop Tematik, Sharing
pengalaman dari organisasi, dan lomba-lomba, Pameran,Pentas seni budaya dan lomba anakanak. Game inklusif, wisata desa dan jalan sehat.
Untuk memeriahkan Temu Inklusi 2016 akan di gelar pameran dan bazar sebagai ajang bagi
masyarakat kalangan usaha/bisnis, lembaga/organisasi juga individu termasuk difabel untuk
berpartisipasi dalam memamerkan hasil karyanya dengan tujuanmenciptakan masyarakat
inklusi.
TUJUAN PAMERAN
1. Mempromosikan dan memperkenalkan produk yang dihasilkan oleh difabel dan non-difabel
2. Mempromosikan hasil karya/ program dari lembaga, organisasi, perusahaan, UMKM lokal
3. Sebagai sarana yang efektif untuk membangun inklusivitas dan memperluas jaringan
dengan pelaku program/usaha lainnya.
WAKTU PELAKSANAAN & LOKASI KEGIATAN
Kegiatan pameran akan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal, 25 s.d 27 Agustus
2016, adapun lokasi pameran Desa Sidorejo, Kecamatan Lendah, Kab. Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta (Outdoor), jumlah stand yang tersedia : 30 stan
TARGET PENGUNJUNG PAMERAN
Peserta temu inklusi;
1. Pejabat pemerintah ;
2. Masyarakat umum;
3. Pelaku Usaha;
4. Pelajar dan Mahasiswa
5. Peserta Temu Inklus
PESERTA STAN PAMERAN.
1. Pelaku Usaha /UKM/IKM Difabel dan Non Difabel
2. Penerbitan atau Lembaga Riset
3. Perguruaan tinggi.
4. Industri kreatif
5. Organisasi Difabel
6. Media informasi
7. Perwakilan organisasi desa
PROMOSI DAN PUBLIKASI
Promosi dan Publikasi Pameran Temu Inklusi 2016 akan dilakukan melalui :
1. Website dan Media Online
2. Sosial Media: Facebook, Twitter
FASILITAS PESERTA PAMERAN
Fasilitas yang disediakan oleh panitia untuk setiap stan standar adalah sebagai berikut :
1. Lettering Name Company
2. Stand Ukuran 2 X 3 m
3. Meja 1 buah
4. Kursi 2 buah
5. Lampu TL 40 watt 1 buah
6. ID Card Peserta sebanyak 2 buah
SYARAT DAN KETENTUAN PENDAFTARAN PESERTA STAND
- Biaya stand gratis tetapi kami menerima kontribusi dari lembaga/individu untuk kesuksesan acara terutama untuk mendukung biaya akomodasi selama pameran
- Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran dan mengembalikannya kepada panitia
- Kepesertaan stan dinyatakan sah mendaftar apabila telah mengembalikan formulir
pendaftaran peserta pameran ke panita. Batas akhir pendaftaran tanggal, 5 Agustus 2016 dan akan diperpanjang jika kuota belum terpenuhi - Formulir bisa diakses melalui website: http://temuinklusi.sigab.or.id atau
konfirmasi ke: Supriyanto ,Telp 0857-2925-6781 , email: [email protected]
PENUTUP
Demikian kerangka acuan ini kami buat sebagai bahan ajuan dan pertimbangan
penyelenggaraanevent PAMERAN & BAZAR TEMU INKLUSI 2016, semoga berkenan dan
terlaksana dengan sukses. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.